6 MANFAAT SUPER DONOR DARAH

ADZKIA – Siapa bilang jika donor darah hanya berguna bagi orang yang menerima donor? Petugas Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) kota Tangerang Selatan, Mega menuturkan, selain bermanfaat bagi seseorang yang menerima donor, pendonor juga ternyata mendapatkan kebaikan usai mendonorkan darah. Berikut Tim Jurnalistik SMA Adzkia Daarut Tauhiid susun beberapa manfaat donor darah yang diterima pendonor.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Dengan mendonorkan darah, apalagi jika dilakukan secara rutin, jantung yang kita miliki akan senantiasa sehat. Peningkatan Zat Besi yang didapat sebagai efek mendonorkan darah dapat menurunkan resiko menderita penyakit Jantung, bahkan hingga 88%. Hal ini disebabkan oleh peredaran darah yang semakin lancar sehingga mengurangi kemungkinan adanya penyumbatan arteri, yang seringkali merupakan pemicu penyakit Jantung.

Membakar Kalori

Menurut penelitian, jika kita mendonorkan darah sebanyak 450 ml, maka kalori yang hilang bisa mencapai 650 kalori.

Menurunkan Resiko Kanker

Ada beberapa resiko kanker yang dapat dihilangkan sebagai efek positif mendonorkan darah, diantaranya Kanker Hati, Paru-paru, Usus Besar, dan Kanker Tenggorokan.

Meningkatkan Produksi Darah

Manfaat lain dari mendonorkan darah secara teratur adalah dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Ketika mendonorkan darah, secara otomatis, sel darah menjadi berkurang. Hal ini membuat sumsum tulang belakang segera memproduksi sel darah merah baru, untuk menggantikan sel darah merah yang hilang. Rajin mendonorkan darah, berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan sel darah merah yang baru yang segar. Proses inilah yang akan membantu tubuh tetap sehat.

Dapat Cek Kesehatan Gratis

Siapa sih yang tidak suka dengan sesuatu yang gratis? Jika biasanya untuk cek kesehatan seseorang harus mengeluarkan kocek ratusan ribu, maka dengan mendonorkan darah, maka kita serasa mendapatkan cek kesehatan gratis. Ketika darah yang kita donorkan diperiksa di laboratorium dan menjalani minimal 13 tes wajib berbeda, maka tim medis akan melihat apakah kita menderita suatu penyakit tertentu atau tidak.

Jika darah yang kita sumbangkan negative dari segala jenis penyakit, maka darah yang kita miliki dapat disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. Namun jika tidak, maka kita akan diberitahu jenis penyakit apa yang kita derita sehingga darah kita tidak dapat diberikan kepada penerima manfaat donor.

 

Bagaimana? Tertarik untuk mendonorkan darah? Mega mengatakan, rentang waktu yang ideal untuk mendonorkan darah secara rutin adalah tiga bulan sekali. “Namun sejak tahun 2017, rentang waktu dipersempit menjadi minimal dua bulan sekali atau dua bulan setengah,” katanya. (HumaAdz&Tim)

Add comment


Security code
Refresh

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415