BACA KILAT, KIAT BELAJAR EFEKTIF ALA SISWA SMA ADZKIA

 

ADZKIA - Tidak semua orang suka membaca. Namun sebagai pelajar, membaca tentunya menjadi sebuah keharusan yang tak dapat dihindari.

Lantas, bagaimana caranya agar dapat membaca tanpa harus menghabiskan banyak waktu, dan tak meninggalkan esensi dari membaca, yaitu menambah ilmu pengetahuan? Di Sekolah Kader SMA Adzkia Islamic School, Ustaz Ahmad Najib mencoba berbagi cara membaca kilat dengan memaksimalkan alam bawah sadar. “Baca kilat pada dasarnya merupakan sebuah metode membaca dengan menggunakan alam bawah sadar. Ada tiga tahapan yang harus diperhatikan sebelum menerapkan teknik baca kilat,” ujar Ustaz Ahmad Najib, Guru SMA Adzkia Islamic School, Selasa (16/11).

Ustaz yang sehari-harinya mengampu mata pelajaran Ekonomi ini menuturkan, praktik membaca kilat berbeda dengan membaca biasa. Ustaz Najib pun memberikan beberapa panduan agar siswa dapat melakukan praktik baca kilat agar lebih mudah menyerap ilmu dari buku, diantaranya ;

  1. Tentukan Tujuan

Tahapan awal dari praktik baca kilat menurut Ustaz Najib adalah menentukan tujuan. Point yang dapat menjadi patokan saat menentukan tujuan, ada pada kata what (apa) dan why (mengapa). “Siswa harus dapat menentukan, apa yang harus dibaca, dan mengapa harus membaca materi / bahan tersebut. Tujuan ini harus dibuat jelas dan spesifik, agar hasil baca kilat lebih maksimal,” tambah Ustaz Najib.

  1. Terapkan Baca Kilat

Tahapan kedua setelah menentukan tujuan adalah menerapkan praktik baca kilat. “Langkah awal adalah, siswa harus berada dalam kondisi jenius, atau istilah lainnya alfa zone. Dalam kondisi ini, siswa diwajibkan untuk rileks agar apa yang dibaca mudah terserap,” jelas Ustaz Najib,

Tidak hanya menyarankan agar siswa berada dalam kondisi rileks dan tenang, Ustaz Najib meminta agar siswa mengucapkan afirmasi pembuka atau kata positif sebelum membaca. “Ada banyak afirmasi pembuka atau kata positif yang dapat diucapkan atau ditanamkan, contohnya ‘Pikiran saya dapat menyerap semua yang saya baca, dan dapat menyimpannya sebagai memori jangka panjang’. Kata positif ini akan membantu otak untuk dapat menguatkan kata-kata yang dibaca secara kilat tadi,” pungkas Ustaz Najib.

Usai melakukan dua hal tersebut, Ayah empat putra ini pun segera menyarankan siswa untuk langsung membaca. “Nah, saat menerapkan langkah inilah keunikan dari membaca kilat ini terlihat. Pada teknik baca kilat, mata membaca menggunakan sel batang, bukan sel kerucut, sehingga jika biasanya kita membaca fokus pada huruf demi huruf, maka sekarang mata membaca tulisan dengan memblur huruf-hurufnya.”

Setelah itu, Ustaz Najib menyarankan agar siswa membiarkan alam bawah sadar menyerap informasi terlebih dahulu, dengan menggunakan pandangan mata reseptif (PMR) sel batang, bukan sel kerucut. “Dalam satu bab misalkan ada sepuluh halaman, maka berikan waktu satu detik bagi sel batang mata untuk membaca satu halaman, sebelum kemudian membalik lembar buku ke halaman selanjutnya. Di langkah akhir setelah membaca kilat, siswa dapat menutup dan menggunakan afirmasi penutup, yang katanya hampir sama dengan afirmasi pembuka tadi, misal kita katakan ‘Setelah dibaca kilat, semua ilmu dapat terserap sempurna di memori jangka panjang’.”

  1. Aktivasi Ilmu

Tahap akhir dari praktik membaca kilat, adalah mengaktivasi informasi yang dibaca, setelah sebelumnya didiamkan minimal sepuluh menit. “Setelah baca kilat, diamkan saja informasinya, atau istilah lainnya tahap inkubasi. Lakukan saja aktivitas lain, atau tidur juga boleh,” ungkapnya sambil tertawa. Usai masuk proses inkubasi, barulah kemudian review kembali apa yang dibaca, dengan membaca sekilas sub judul, kata yang dicetak tebal, atau cetak miring, untuk kemudian dirangkum dan dibuat kesimpulan, hingga diaplikasikan dalam teknik mind mapping.

Praktik baca kilat ini diajarkan dalam sesi Student Learning Skill (SLS) Sekolah Kader SMA Adzkia School. Dalam kegiatan SLS, siswa tidak hanya diajarkan metode baca kilat saja tetapi juga teknik mind maping. Tidak hanya itu, dalam kegiatan SLS, siswa juga wajib mempraktikkan materi yang telah dikelaskan.

Baca juga : Tips Membuat Mind Mapping

“Baca Kilat ini sebenarnya merupakan sebuah kemampuan, sehingga ketika sudah dipelajari kiatnya, harus terus menerus dipraktikkan agar tidak hilang. Dengan diajarkannya metode baca kilat ini pada siswa, minimal sekarang ketika membaca sesuatu siswa dapat menentukan tujuan, dan setelah itu merangkum apa yang dibaca, lalu kemudian mengaplikasikannya melalui mind mapping agar lebih mudah lagi dipahami, serta diingat. Jika dapat diterapkan di setiap Mata Pelajaran, harapannya pengetahuan menjadi mudah diserap, dan nilai bisa meningkat,” tutup Ustaz Najib. (Nawang)

Add comment


Security code
Refresh

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415