BEGINI 4 KIAT MENGHAFAL AL-QUR'AN ALA USTAZ DEDEN

ADZKIA – Bagaimana caranya agar mudah untuk mengingat hafalan, dan tidak mudah melupakan ayat yang telah dihafal. Kalimat tersebut bisa dikatakan kerap menjadi pertanyaan para penghafal Al-Qur'an atau Hafidz Hafidzah.

Banyak orang yang ingin dapat menghafal ayat demi ayat Kalamullah dengan segera, dan jika bisa, terus mengingat apa yang telah dihafal. Meski begitu, menurut Ustaz Deden Muhammad Makhyaruddin justru sebaliknya. Pengasuh dan Pendiri Pondok Pesantren Tahfidhil Quran Al-Mustaqimiyyah ini menuturkan jika penghafal yang hebat justru adalah orang yang orang yang tidak tergesa-gesa dalam menghafal.

“Nabi (Rasulullah SAW) saja sampai ditegur oleh Allah SWT karena Nabi tergesa-gesa ingin cepat hafal ayat Al-Qur'an, karena yang hebat itu bukanlah orang yang hafalnya cepat dan susah lupa, namun orang yang ketika menghafal, yang pertama diingat bukan ayat, tetapi Allah SWT, dan orang yang ketika menghafal yang pertama diingat bukan ayat, tetapi iman,” ujar Ustaz Deden dalam kegiatan Seminar Parenting bertajuk ‘Kiat Membentuk Karakter Keluarga Qur'ani’, Ahad pekan lalu.

Baca Juga : 6 TIPS MENGHAFAL AL QURAN BAGI PEMULA ala IBAD

Melalui kegiatan yang digagas SMP-SMA Adzkia Islamic School ini, Ustaz yang memiliki kemampuan menghafal istimewa karena dapat menghafal 30 Juz Al-Qur'an dalam 19 hari  dan memutqinkan hafalannya dalam 56 hari tersebut menuturkan, selain niat utama ketika menghafal, ada 4 hal lagi yang perlu diingat untuk menjadi hafiz / hafidzah mulia dimata Allah SWT.

  1. Istiqomah

Penghafal Al-Qur'an yang mulia itu, adalah orang yang istiqomah terus dalam suka dan duka. “Allah kasih gampang menghafal, nikmat. Allah kasih susah menghafal, juga terasa nikmat. Namun Allah berikan kesempatan untuk terus menghafal, itu adalah nikmat yang utama,” tutur Ustaz Deden.

  1. Menghafal Sedikit Demi Sedikit

Tidak hanya menyarankan untuk dapat memperbaiki niat serta istiqomah dalam menghafal, Ustaz Deden juga meminta agar siapapun yang saat ini sedang menghafal Al-Qur'an, dapat menghafal sedikit demi sedikit. “Menghafal-lah sedikit demi sedikit, jangan langsung banyak. Untuk apa banyak-banyak jika cepat lupa,” ujar Ustaz Deden. Magister dalam bidang Ilmu Al-Qur'an dan Tahfidz ini juga mengatakan jika hafalan yang mutqin itu, sejatinya adalah hafalan yang Allah berikan dan Allah mutqin-kan karena mengingat Allah SWT.

  1. Banyak Mengulang

“Menghafal sedikit, mengulangnya yang banyak.” Hal ini ditegaskan Ustaz Deden dalam memberikan kiat menghafal kepada santri SMP-SMA Adzkia Islamic School. Dengan memperbanyak mengulang atau murojaah, maka diharapkan para hafidz/hafidzah yang saat ini menempuh pendidikan di bawah naungan Lembaga Yayasan Daarut Tauhiid tersebut dapat memiliki hafalan yang mutqin (hafalan yang kuat).

  1. Ciptakan Kesan Ketika Menghafal

Berusahalah untuk menciptakan kesan di setiap ayat. Kiat ini merupakan tips keempat yang dibagikan oleh Ustaz Deden. Ia mengungkapkan, biasanya manusia atau siapapun akan cepat ingat kepada sesuatu, atau susah melupakan sesuatu, jika sesuatu itu sangat berkesan di hati. “Bagi seorang mukmin, tidak ada yang berkesan selain ayat, dan otomatis hafalannya menjadi kuat. Ikhtiarlah untuk mencari kesan yang hebat dalam setiap ayat yang sedang kita hafal atau baca, sehingga diberi Allah kemampuan menghafal sekali lihat, bahkan bisa juga ingat selamanya. Beberapa tahun kedepan bahkan ayat tersebut tidak akan kita lupa jika sudah punya kesan terhadap ayat tersebut. Ada tadabur disitu, walau hanya secuil dari ayat tersebut,”saran Ustaz Deden. (Nawang)

 

Add comment


Security code
Refresh

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415