Apel Pagi Kelas X - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA Adzkia Islamic School
Sosialisasi Hari Wajib Berbahasa Inggris dan Aran oleh tim Pengembangan Bahasa
Agenda Kegiatan Senam Kesegaran Jasmani
Kegiatan Musyawarah Anggota Organisasi
Siswa Baru Akhwat Kelas X, usai Apel Pagi
Siswa Baru Ikhwan Kelas X, usai Apel Pagi
Ahlan wa Sahlan, Selamat Datang, Siswa Baru Kelas X SMA Adzkia Daarut Tauhiid
Agenda Rutin di Hari Jumat, Senam Kesegaran Jasmani
Persiapan Diklat Luar Ruang di Bandung, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
Apel Pagi Siswa Kelas X SMA Adzkia Daarut Tauhiid

SULIT MENGHAFAL? YUK COBA TEKNIK MIND MAPPING

ADZKIA – Menghafal memang terkadang merupakan suatu kendala yang cukup berat bagi sebagian orang. Mereka yang memiliki kecenderungan menggunakan otak kiri kerapkali memiliki kesulitan terkait kemampuan dalam hal konsentrasi dan daya ingat.

Di SMA Adzkia Islamic School, Ustaz Tedi Kodin mencoba berbagi cara menghafal dengan menggunakan Metode Mind Mapping. Metode ini, dituturkan Ustaz Tedi dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan peta konsep, yang dituang dalam bentuk diagram. “Diagram ini biasanya memuat simbol, kode, gambar, dan warna yang saling berhubungan. Saya telah mencoba metode ini ketika mengajar Fisika di kelas, dan hasilnya ketika dites pemahaman siswa, mereka dapat menguasai materi hanya dengan 5-10 menit, dengan syarat materinya hafalan ya, bukan hitungan,” ujar Ustaz Tedi saat diwawancara usai kegiatan Student Learning Skill Sekolah Kader SMA Adzkia, pekan kemarin.

Dalam kegiatan yang digelar secara online, dan dikemas dengan tajuk ‘Mind Mapping, Cara Cerdas Belajar Cepat’ tersebut, siswa tidak hanya sekedar mendengarkan materi dari Ustaz Tedi, namun langsung melakukan praktek. “Karena teknisnya merupakan learning skill, jadi siswa diminta untuk langsung mencoba praktek membuat mind map dari materi di buku yang telah ditentukan sebelumnya, menggunakan kertas kosong dan pena dengan tiga warna berbeda,” kata Ustaz Tedi.

Tidak hanya cocok untuk digunakan oleh siswa, teknik ini juga dapat  diaplikasikan oleh siapa saja. Selain dinilai lebih efisien untuk mencatat dan menghafal suatu informasi, metode ini juga dapat mengoptimalkan kerja antara otak kanan dan otak kiri. Meski begitu, menurut Ustaz Tedi Kodin, Pengampu Mata Pelajaran Fisika di SMA Adzkia Daarut Tauhiid, ada beberapa hal yang perlu dicermati dalam pembuatan Mind Mapping.

“Jika salah dalam pembuatannya, bisa jadi informasi yang ingin kita hafalkan malah jadi terlihat rumit, dan akhirnya susah dihafal. Makanya kita perlu mengetahui teknik-tekniknya, mulai dari pembuatan, hingga penggunaannya,” kata Ustaz Tedi. Berikut ada beberapa tips dan teknik pembuatan mind mapping yang diberikan Ustaz Tedi.

  1. Siapkan Kertas polos. Kertas ini haruslah bersih dan bebas dari lipatan
  2. Judul haruslah diletakkan di bagian tengah, dan buat dengan menggunakan kurva tertutup
  3. Pembuatan cabang dan sub cabang tidak boleh dibuat kaku. Jangan menggunakan penggaris untuk membuat garis antar cabang atau sub cabang. Garis juga sebaiknya tidak dibuat dengan rumit.
  4. Gunakan warna yang berbeda, baik itu tulisan maupun judul. Kenapa? Karena disini kita menggunakan mental visual.
  5. Boleh menggunakan bentuk benda, untuk mempermudah mengingat. Misalkan sedang mempelajari materi cahaya, judul dibuat dengan menggunakan bentuk Lampu.
  6. Sub judul yang bagus, haruslah searah.

Setelah mengerti teknik-teknik diatas, Ustaz Tedi menyarankan agar siswa menghafal mulai dari tengah, lalu menghafal cabang, dan selanjutnya sub cabang. “Warna garis yang berbeda dapat membantu mempermudah mengingat dan menghafal. Selain itu, kita juga dapat menggunakan gambar yang berhubungan dengan materi mind map saat membuat mapping kita, karena gambar tersebut dapat memperkuat hafalan,” tutupnya. Selamat Mencoba! (HumAdz)

 

Add comment


Security code
Refresh

  • SMA ADZKIA RAIH MEDALI PERAK MADRASAH SCIENCE COMPETITION

    Adzkia – Belajar Dari Rumah (BDR) tak menyurutkan semangat siswa SMA Adzkia Islamic School untuk dapat mendulang prestasi. Setelah awal Februari lalu berhasil membawa pulang Medali Perunggu dalam Kompetisi Sains Indonesia (KSI) bidang Biologi, Aulia Nurrizqi kembali mengharumkan nama SMA Adzkia dengan meraih Medali Perak  melalui Madrasah Science Competition (MSC).

    Siswa kelas XI Mipa di sekolah binaan Yayasan Daarut Tauhiid ini pun mengaku senang dapat mempersembahkan prestasi untuk sekolahnya. “Alhamdulillah, bisa ikut mengharumkan nama sekolah, melalui dua kompetisi ini,” ujar Aula Nurrizqi, Senin (15/3). Menurut Rizqi, ia dapat mengikuti perlombaan ini setelah mendapatkan informasi dari temannya dan aplikasi Instagram. Tak hanya memanfaatkan aplikasi media sosial yang begitu digandrungi remaja seusianya untuk sekedar eksis, Rizqi justru memanfaatkan media sosial untuk mencari info-info perlombaan yang dapat mengasah bakat dan kreativitasnya sebagai siswa.

  • AWAL MARET, INI PROGRESS PEMBANGUNAN MASJID DT SERUA

    ADZKIA – Lembaga Aset dan Wakaf Yayasan Daarut Tauhiid mulai melakukan pembangunan Masjid Pesantren Daarut Tauhiid Serua. Dilakukan berbarengan dengan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SMP-SMA Adzkia Islamic School, pembangunan Masjid bernama Al-Hadi ini telah memasuki tahap pengeboran dan pengecoran.

    “Alhamdulillah progress pembangunan Masjid Al-Hadi sudah mencapai 5,78% dan saat ini proses pengeboran bored pile sudah selesai. Hari ini InshaaAllah ditargetkan proses pengecoran titik-titik bored pile juga selesai, dan akan dilanjutkan dengan pengerjaan perataan tanah serta struktur beton,” ujar Ketua Pembangunan Masjid Al-Hadi Pesantren Daarut Tauhiid Serua, Ustaz Lukman Hakim, Kamis (4/3). Menurut Ustaz Lukman, Masjid dengan bangunan tiga lantai yang diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar kurang lebih 12 Milyar rupiah ini, ditargetkan selesai pada Oktober 2021 mendatang.

Media Sosial

  YTube: SMA Adzkia Islamic School      IG:  @smaadzkiadt         Fb: Adzkia DT 

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415