SISWA ADZKIA BELAJAR MANDIKAN & KAFANI JENAZAH

ADZKIA – Wajah-wajah serius tampak dari santri akhwat kelas XI SMA Adzkia Islamic School Pesantren Daarut Tauhiid Tangerang Selatan. Sambil sesekali koordinasi, tangan-tangan para penghapal Quran tersebut sibuk menata lembaran kain kafan putih yang tersedia di hadapan mereka.

“Alhamdulillah telah terselenggara kegiatan Ujian Praktik Ibadah untuk santri akhwat, mulai kelas VII hingga kelas XII,” ujar Musyrifah Adzkia Islamic School, Ustazah Siti, Jumat (24/11). Menurut Ustazah Siti, kegiatan praktik ibadah untuk semester ini dilaksanakan dengan beragam materi. “Kelas VII dan X melakukan praktik wudhu sholat wajib, kelas VIII praktik sholat jenazah, kelas IX praktik sholat Istisqa, kelas XI praktik mengkafani jenazah, dan kelas XII praktik Sholat Khauf,” jelasnya.

Perempuan berdarah Kalimantan ini mengatakan, memang saat ini tidak semua kelas mendapatkan materi praktik memandikan dan mengafani jenazah, namun kelak semua kelas akan mendapatkan pula materi tersebut. “InshaaAllah semua kelas akan mendapatkan materi terkait mengurus jenazah, karena ilmu tersebut dinilai sangat penting diketahui oleh siswa.”

Tata cara dalam memandikan jenazah diungkapkan Ustazah Siti merupakan ilmu fiqih yang wajib diketahui, agar kelak ketika santri telah lulus sekolah dan berada di tengah masyarakat mampu mempraktikkannya.

“Pembelajaran mengurus jenazah bukanlah perkara gampang, bahkan jika dilakuan oleh orang yang bukan ahlinya akan kerepotan karena ada banyak hal yang harus dipahami dan diperhatikan, mulai dari cara melafadzkan niat mandi jenazah, cara menyiram air ke tubuh jenazah, bahkan sampai ke cara mengkafani jenazah yang telah dimandikan. Mudah-mudahan ketika nanti telah kembali ke masyarakat, anak-anak dapat mempraktikkan apa yang saat ini telah diajarkan,” tutup Ustazah Siti. (Nawang)

Add comment


Security code
Refresh

Twitter : @SmaAdzkia

Media Sosial

  YTube: SMA Adzkia Islamic School      IG:  @smaadzkiadt         Fb: Adzkia DT 

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415