TUMBUHKAN SOLIDARITAS KEMANUSIAAN, ADZKIA GELAR DONOR DARAH

ADZKIA – SMP SMA Adzkia Islamic School kembali menggelar Program Donor Darah. Setelah sempat tertunda selama pandemi, aksi kemanusiaan ini pun kembali dihelat.

Pembina PMR Wira di Pos Kesehatan Pesantren (Pos Kesehatan Pesantren) Adzkia, Ustazah Siti Rusmini menuturkan, giat sosial Donor Darah ini akan dilaksanakan di Aula Gedung Asrama Putri Pesantren Daarut Tauhiid Serua, Ahad (3/9) mendatang. “Sebenarnya, kegiatan Donor Darah ini merupakan program kerja triwulan PMR Adzkia Islamic School. Namun karena pandemi, kegiatan ini otomatis terhenti. Alhamdulillah sekarang coba kita galakkan kembali, dan dari pengajuan yang dilakukan, kita dapat slot waktu pelaksanaan Donor Darah dari Palang Merah Indonesia Kota Tangerang Selatan, hari Ahad pekan pertama bulan September,” jelas Ustazah Siti, Kamis (24/8).

Menurut perempuan kelahiran Kalimantan Timur ini, kegiatan Donor Darah akan dimulai dari pukul sembilan pagi hingga satu siang. Bertepatan dengan hari penjengukan santri, Ustazah Siti berharap orang tua dapat mendukung dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini secara aktif. “Target pendonor yang kita tetapkan adalah 100 pendonor. Kalau hanya mengandalkan siswa, sepertinya baru sedikit yang layak, dalam tanda petik ya, untuk dapat ikut berpartisipasi. Seperti niat awal pelaksanaan kegiatan donor darah ini dilaksanakan, yaitu menumbuhkan solidaritas kemanusiaan bagi santri, banyak santri yang berminat untuk mendonorkan darahnya,”katanya.

Meski begitu, berdasarkan pengalaman kegiatan Donor Darah yang telah dilaksanakan sebelumnya, banyak pula siswa yang ingin mendonorkan darahnya, namun belum mumpuni secara persyaratan. Dituturkan Ustazah Siti, beberapa persyaratan yang diwajibkan untuk dapat mengikuti kegiatan donor darah diantaranya adalah berusia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45 kg, memiliki nilai haemoglobin 12,5 sampai dengan 17,00 gr/dl, serta jarak donor minimal tiga bulan per Sembilan puluh hari.

“Dan yang terpenting adalah berada dalam keadaan sehat, dan tidak mengonsumsi obat-obatan dalam tiga hari terakhir. Jangan lupa juga makan terakhir minimal tiga jam sebelum donor darah, ini yang biasanya luput dari pendonor. Jika memang sudah berniat akan mengikuti donor, mohon diperhatikan syarat-syaratnya,”pesan Ustazah Siti menutup wawancara. (Nawang)

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Twitter : @SmaAdzkia

Media Sosial

  YTube: SMA Adzkia Islamic School      IG:  @smaadzkiadt         Fb: Adzkia DT 

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415