SISWA SMP ADZKIA BELAJAR BIOLOGI ASYIK DENGAN KARTU KUARTET

ADZKIA – Siapa bilang belajar Biologi harus melulu dilakukan dengan cara menghapal? Meski bacaan Biologi bisa dikatakan sangat banyak dan beragam, sehingga membutuhkan keuletan dan pemahaman yang mendalam untuk memahami setiap materi, ternyata cabang ilmu eksakta ini juga dapat dipelajari dengan metode yang menyenangkan.

Di SMP Adzkia Islamic School, siswa mempelajari materi Biologi menggunakan kartu kuartet. Tak hanya mengasyikkan, cara ini dinilai sangat ampuh untuk menarik minat siswa dalam belajar. “Banyaknya bacaan yang kompleks tentang keilmuan Biologi membuat siswa kerap merasa kesulitan. Apalagi banyak istilah ilmiah yang kadang harus diketahui, membuat siswa kadang merasa malas duluan belajar Biologi,” tutur Guru Mata Pelajaran Biologi SMP Adzkia Islamic School, Ustazah Arista Zendhis, Rabu (16/8).

Hal tersebut akhirnya membuat Guru kelahiran Boyolali, Jawa Tengah ini mencari berbagai cara kreatif untuk mempermudah tugasnya mentransfer ilmu kepada siswa. “Akhirnya terpikirkan menggunakan kartu kuartet,” tambahnya. Cara kreatif yang dilakukan Ustazah Arista ternyata disambut positif oleh siswa di sekolah binaan KH Abdullah Gymnastiar tersebut. Melalui metode permainan kartu tersebut, siswa diungkapkan Arista lebih tertarik dan interaktif dalam belajar materi Biologi.

“Mereka sangat antusias, karena belajar tak terasa membosankan. Lebih seperti main saja, namun tetap menyelipkan materi Biologi. Seperti sekarang, kami mencoba belajar mengklasifikasikan makhluk hidup khususnya Vertebrata, dengan kartu kuartet Biologi ini,” cerita Ustazah Arista. Melalui metode ini, siswa dapat dengan mudah mempelajari persamaan dan persamaan ciri-ciri berbagai hewan vertebrata.

“Misalkan, kelompok reptilian atau dikenal sebagai hewan melata, tentu akan berbeda cirinya dengan hewan dalam kategori aves atau unggas. Mereka juga jadi lebih mudah mengenal kelas-kelas pada vertebrata dan istilah ilmiah yang ada Biologi dengan menggunakan metode belajar sambil bermain seperti ini,” tambahnya. Metode belajar menggunakan kartu kuartet Biologi ini pun menurut Arista sangat memfasilitasi gaya belajar siswa yang visual dan kinestetik.

Baca Juga : Seru! Siswa SMA Adzkia Belajar Tangani Reptil

“Apalagi sekarang masuk ke implementasi Kurikulum Merdeka, ya, dimana Guru harus dapat memfasilitasi berbagai gaya belajar siswa. Siswa pun dituntut untuk lebih banyak interaktif dibandingkan belajar menggunakan metode lama seperti guru ceramah di depan kelas,”pungkas Arista. (Nawang)

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Twitter : @SmaAdzkia

Media Sosial

  YTube: SMA Adzkia Islamic School      IG:  @smaadzkiadt         Fb: Adzkia DT 

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415