77 SISWA SMA ADZKIA RESMI JADI PENEGAK BANTARA

Print


ADZKIA – Tujuh puluh tujuh siswa SMA Adzkia Islamic School akhirnya resmi menjadi Penegak Bantara. Rabu pekan lalu, Gugus Depan (Gudep) 01.137 dan 01.138, yang merupakan nomor dari Gudep SMA Adzkia Islamic School, Pesantren Daarut Tauhiid menggelar pelantikan Penegak Bantara.

“Alhamdulillah meski terselenggara secara daring, pelantikan Penegak Bantara ini dapat berjalan khidmat dan lancar, tanpa ada kendala, dan yang terpenting sesuai dengan ketentuan tata upacara pelantikan Bantara,” ujar Ketua Gudep 01.137, Ustazah Santi Puspasarie. Menurut Ustazah Santi, pelantikan ini  awalnya dirancang secara luring, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

Baca Juga : SMA Adzkia Resmi Miliki Gudep

Namun jarak domisili siswa SMA Adzkia yang jauh dengan lokasi sekolah membuat rencana tersebut dirasa tidak memungkinkan, sehingga pelaksanaan pelantikan Bantara akhirnya diputuskan secara daring. Ustazah Santi mengungkapkan, meskipun berjalan lancar, tetap ada beberapa perbedaan pelaksanaan pelantikan secara daring maupun luring (secara langsung).

“Di waktu biasa, saat belajar langsung di sekolah, dalam pengambilan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) dan pengisian Syarat Kecakapan Umum (SKU), dilaksanakan secara langsung, namun untuk pelaksanaan secara daring, pengisian TKK dan SKU dilaksanakan melalui link Google Form,” ungkap Ustazah Santi. Perempuan yang sehari-harinya mengampu mata pelajaran Sosiologi di SMA Adzkia ini menuturkan, syarat untuk dapat dilantik adalah harus menyelesaikan pengisian SKU dan melakukan ujian SKU.

Baca Juga : 53 SISWA SMA ADZKIA RESMI JADI ANGGOTA AMBALAN

Meskipun hanya dapat berjalan secara daring, kegiatan ini nyatanya tetap diikuti dengan penuh semangat oleh para Ambalan Penegak. Hal ini terlihat dari para ambalan penegak yang tetap menggunakan seragam pramuka lengkap meski pelaksanaan pelantikan dilakukan di rumah. Untuk pelantikan selanjutnya, ditambahkan Ustazah Santi, ia berharap pelaksanaannya dapat digelar secara langsung, sehingga pengisian TKU sebagai salah satu syarat dapat menjadi Bantara dapat lebih maksimal lagi, sehingga sesuai dengan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD ART).

“Selain itu mudah-mudahan selanjutnya, seluruh siswa ataupun para ambalan Gudep 01.137  dan 01.138 SMA Adzkia Islamic School dapat mengikuti pelantikan, tanpa terkecuali, sehingga tidak ada lagi ambalan yang mengikuti pelantikan susulan,” tutup Ustazah Santi. (Nawang).