SEMANGAT CETAK PENGHAFAL QURAN, SMA ADZKIA GELAR PARADE TASMI

ADZKIA – Mencanangkan program Belajar Dari Rumah (BDR) selama masa pandemic Covid-19 tak lantas membuat manajemen SMA Adzkia berhenti berupaya mencetak generasi penghafal Quran. Meski tanpa tatap muka secara langsung, tim Kepengasuhan SMA Adzkia tetap berkomitmen dan bersemangat untuk dapat menguji hafalan santri kelas XI dan XII melalui kegiatan Parade Tasmi.

“Kegiatan Parade Tasmi ini sengaja digelar untuk memaksimalkan waktu luang saat liburan semester, sekaligus untuk memutqinkan hafalan Qur’an di semester sebelumnya,” ujar Wakil Kepala SMA Adzkia Bidang Kepengasuhan, Ustaz Akmal Jumara, Senin (6/7). Menurut Ustaz yang akrab disapa Abah Akmal ini, ada 95 santri dari kelas XI dan XI yang mengikuti kegiatan Parade Tasmi. “Ada 7 kelompok dari Tahfidz I, II, III, dan Takhasus yang mengikuti Parade Tasmi untuk Ikhwan, serta Kelompok Tahfidz I, II, dan III (A dan B) untuk Akhwat,” tambahnya.

Dilaksanakan sejak Senin (6/7), kegiatan bertajuk ‘Semangat Qurani di Tahun Ajaran Baru’ ini direncanakan akan berlangsung selama enam hari, hingga Sabtu (12/7) mendatang. “Kita laksanakan Parade Tasmi dengan menggunakan aplikasi Video Call Whatsap. Jadi tatap muka antara penguji Tasmi dengan santri dilakukan via Video Call. Sejauh ini Alhamdulillah kegiatan berlangsung lancar,” tutur Abah Akmal.

Pria yang menyukai Olahraga Memanah ini berharap, dengan adanya kegiatan Parade Tasmi, siswa SMA Adzkia tetap memiliki semangat untuk menjadi Penghafal Qur’an meski tidak dapat ‘mondok’ secara langsung di Pesantren. “Jadi ada target setor hafalan, walaupun tidak dapat tatap muka langsung dengan Musyrif Musyrifah. Selain itu seperti yang saya katakan di awal, diharapkan ada semangat dari siswa untuk semakin memutqinkan hafalan yang sudah ada, dan agar tidak hilang hafalannya, meski Belajar dari Rumah (BDR),” ungkap Abah Akmal.

Kegiatan Parade Tasmi ini tentunya dilaksanakan sejalan dengan goals ataupun tujuan utama Pendidikan di Pesantren Daarut Tauhiid, dimana diantaranya Salimul Aqidah (Akidah yang selamat), Shohihul Ibadah (Ibadah baik dan benar), Matinul Khuluq (Akhlak dan Karakter Baku), Tahfidzul Quran (Hafalan Alquran) dan Quwatul Aqli (Prestasi Akademik dan Non Akademik).

“Sesuai dengan target ataupun goals Pendidikan Daarut Tauhiid yang keempat, yaitu Tahfidzul Quran, kita di SMA Adzkia pun berusaha untuk dapat mencetak generasi penghafal Alquran, dan salah satu caranya adalah dengan menggelar kegiatan Parade Tasmi ini. Apalagi, mulai Tahun Ajaran baru ini, SMP-SMA Adzkia akan dijadikan sebagai Sekolah Kader, jadi target Tahfidzul Quran ini benar-benar kita perhatikan,” pungkas Kepala SMA Adzkia, Ustaz Irwan Gunawan. (HumAdz)

 

Add comment


Security code
Refresh

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415