Komunitas Hijau SMA Adzkia Panen Aneka Jenis Sayur

Adzkia – Program Adzkia Berkebun yang dicanangkan Tim Kesiswaan SMA Adzkia Daarut Tauhiid kembali membuahkan hasil. Memanfaatkan lahan yang ada di sebelah Saung tempat dilaksanakannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), bibit berbagai jenis sayur dan tumbuhan yang ditanam pun akhirnya dapat dinikmati hasilnya.

“Kebanyakan sayuran ditanam dengan menggunakan metode Hidroponik, karena teknik ini sangat efektif diaplikasikan di lahan sempit atau area yang tidak memiliki lahan bercocok tanam luas,” ujar Penanggung Jawab Program Adzkia Berkebun, Ustaz Tedi Kodin, Jumat (11/10). Tidak hanya menanam sayuran, siswa yang mengikuti program Adzkia Berkebun, atau biasanya akrab disapa Komunitas Hijau ini menanam aneka bumbu dapur, dan tanaman obat keluarga (TOGA).

Memiliki tanaman sayur dan aneka bumbu dapur yang dirawat sendiri tak pelak membuat Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SMA Adzkia dapat menikmati sayuran segar organic tanpa perlu jauh-jauh ke Supermarket. “Beberapa hari ini siswa Alhamdulillah bisa panen Kangkung, Terong, Tomat, dan Cabe Rawit,” kata Ustaz Tedi.

Dalam waktu sebulan lagi, sayuran yang menunggu waktu panen diantaranya ada Caisim / Sawi. Ia menuturkan, siswa SMA Adzkia cukup kooperatif dengan program Adzkia Berkebun ini. Setiap pagi dan sore, mereka secara bergantian menyiram tanaman-tanaman yang ditanam dengan media tanah maupun pot yang ditempel di dinding di depan kelas / ruang belajar. Tidak hanya berkebun, Ustaz Tedi mengatakan jika ia dan tim Kesiswaan saat ini juga sedang melakukan project Budi Daya Ikan Nila.

“Konsepnya sama dengan Adzkia Berkebun yang dilaksanakan dengan memanfaatkan lahan sempit, Budi Daya Lele dan Ikan Patin ini juga dipraktekkan hanya menggunakan sebuah Tong. Untuk awal, kita siapkan 20 bibit ikan Nila. Dulu waktu panen Lele Alhamdulillah bisa dinikmati seluruh santri. Mudah-mudahan hasilnya juga positif, seperti project budi daya Nila,” katanya.

Sementara ditemui di tempat terpisah, Kepala SMA Adzkia, Ustaz Irwan Gunawan menuturkan, dengan adanya program-program ini, siswa memiliki kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, ia juga berharap, para siswa dapat memiliki pengetahuan baik itu dalam hal berkebun maupun budi daya Ikan Nila. “Bisa jadi bekal bagi mereka juga, agar nanti ketika lulus, mereka dapat memiliki kemampuan bercocok tanam atau budi daya Ikan di lahan sempit, dan bisa mandiri. Bukan tidak mungkin ilmu yang mereka dapat sekarang ketika fokus dan serius dijalankan dapat membuka lahan pekerjaan untuk masyarakat luas kedepannya,” pungkas Ustaz Irwan. (HumAdz)

Add comment


Security code
Refresh

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415