79 SANTRI SMA ADZKIA IKUTI UJIAN TAHFIDZ

ADZKIA – SMA Adzkia Daarut Tauhiid kembali menggelar Ujian Tahfidz. Agenda yang diadakan setiap tiga bulan sekali ini bertujuan memperkuat dan menguji hafalan seluruh santri SMA Adzkia kelas X dan XI.

“Alhamdulillah dari total 95 santri kelas X dan XI, ada 79 santri yang mengikuti Ujian Tahfidz,”  ujar Ustaz Akmal Jumara, Wakil Kepala SMA Adzkia Bidang Kepengasuhan, Kamis (19/19). Menurut Ustaz yang akrab disapa Abah Akmal ini, di waktu ujian, para santri memperdengarkan hapalan Alquran mereka di depan penguji. “Harus siap minimal 1 Juz sekali tatap muka. Jadi kita tahu kemampuan santri, dan bisa evaluasi kedepannya,” tambah Abah Akmal.

Dengan adanya evaluasi triwulan ini, SMA Adzkia diharapkan dapat menjaring potensi santri di bidang hapalan Quran, serta dapat menjadi motivasi tambahan bagi santri untuk semakin semangat menghafal. “Dari 79 santri yang mengikuti Ujian Tahfidz kali ini, ada 92 Juz yang disimak atau diuji. Jadi ada beberapa santri yang menyetorkan hafalan lebih dari satu Juz,” Ungkap Abah.

Dari Ujian Tahfidz ini, santri yang lulus akan mendapatkan berbagai nilai, diantaranya, Maqbul, JayyidJayyid Jiddan, dan Mumtaz. “Untuk ujian kali ini, siswa yang paling banyak menyetorkan hafalan adalah Muhibbus Shobari, dari kelas XI MIPA. Muhib Alhamdulillah bisa menyetorkan hafalan sebanyak 4 Juz, yaitu Juz 3, Juz 4, Juz 9, dan Juz 10,” ujar salah satu penguji, Ustazah Siti Rusmini. Menurut perempuan yang sehari-harinya mendampingi santri sebagai musyrifah ini, rata-rata santri, khususnya santri akhwat menghafal sebanyak 2 Juz.

Ada begitu banyak hal yang menarik dari kegiatan Ujian Tahfidz ini. Di masa-masa ujian, terlihat banyak santri sibuk menghapal. Tempat menghapal pun bisa dimana saja, dan menghapal tidak selalu dilakukan dengan duduk diam. Beberapa santri tampak menghapal dengan berdiri, baik sendiri maupun berkelompok, sesuai kenyamanan masing-masing.

Untuk mensukseskan kegiatan Ujian Tahfid ini, tim panitia yaitu 3 orang Musyrif dan 3 orang Musyrifah dibantu oleh 1 Muhafidz / Mentor yang siap menyimak dan mengoreksi bacaan Al Quran dari santri. Menurut Abah Akmal, meski kegiatan di sekolah sedang padat, hal ini tidak menyurutkan antusiasme siswa dalam menyetorkan hapalan terbaik yang mereka miliki.

“Alhamdulillah semangat santri dalam menghapal sangat jelas terlihat. Berbagai kegiatan harian yang padat serta waktu yang cukup singkat, khususnya bagi kelas X, karena mereka baru masuk beberapa bulan, tidak menyurutkan semangat mereka untuk maju dalam ujian Tahfidz kali ini. mudah-mudahan semangat ini dapat menjadikan Tahfidz sebagai program unggulan bagi sekolah, dan kedepannya SMA Adzkia bisa lebih banyak lagi mencetak generasi penghafal Quran,” pungkasnya. (HumAdz)

 

Add comment


Security code
Refresh

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415