MERIAHKAN TAHUN BARU ISLAM, ADZKIA JUARA I LOMBA PAWAI OBOR TANGSEL

ADZKIA – Siswa SMA Adzkia Daarut Tauhiid tak mau ketinggalan dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H. Membawa 70 Obor dari Bambu, 153 siswa SMA Adzkia turut serta menyemarakkan pergantian tahun kalender Hijriah tersebut dengan mengikuti kegiatan Lomba Pawai Obor yang diprakarsai Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

 “Untuk Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H ini kita bergabung dengan teman-teman dari berbagai Pesantren dan Sekolah yang ada di kota Tangerang Selatan. Kegiatannya dimulai dengan Pawai Obor keliling kota, lalu ada juga dzikir dan muhasabah bersama,” ujar Ketua Panitia Kegiatan 1 Muharram 1441 di SMA Adzkia, Ustaz Muhammad Abdullah, Senin (2/9). Menurut Ustaz Abdillah, 153 siswa yang mengikuti Pawai Obor kali ini merupakan gabungan siswa kelas X, XI, dan XII SMA Adzkia Daarut Tauhiid.

Kegiatan Pawai Obor ini pun disambut antusias oleh seluruh civitas SMA Adzkia. Siswa kelas XII Mipa, Anita Anggitia mengungkapkan, ia dan teman-temannya semangat untuk mengikuti kegiatan Pawai Obor ini. “Tahun lalu kita berhasil meraih juara I Lomba Pawai Obor. Mudah-mudahan tahun ini menang lagi,” tuturnya. Harapan dan doa siswa SMA Adzkia pun langsung diijabah Allah SWT.

Di akhir kegiatan Lomba Pawai Obor, panitia pun mengumumkan SMA Adzkia sebagai pemenang Juara I Lomba Pawai Obor. Kabar gembira ini sontak disambut dengan meriah oleh seluruh siswa SMA Adzkia dan Ustaz Ustazah yang turut mendampingi mereka saat Pawai berlangsung. “Alhamdulillah, kita menang lagi,” kata Anita dengan wajah sumringah menceritakan kemenangan yang diraih kontingen dari SMA Adzkia.   

Tak hanya menyemarakkan pergantian Tahun Baru Islam dengan melakukan Pawai Obor, Siswa SMA Adzkia juga turut ‘berdakwah’ dengan membawa papan bertuliskan Konsep Manajemen Qolbu yang dirumuskan KH Abdullah Gymnastiar. “Harapannya agar siswa tidak hanya sekedar berjalan membawa Obor, tetapi ada misi menyebarkan dakwah/syiar islam untuk masyarakat yang melihat pawai obor,“ ungkap Ustaz Abdillah.

Beberapa rumus Manajemen Qolbu yang dibawa Siswa SMA Adzkia adalah Seni Bergaul (Aku aman bagimu, Aku menyenangkan bagimu, Aku bermanfaat bagimu), BRTT (Bersih, Rapi, Tertib, Teratur), Budaya Kerja MQ (Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Berkualitas, Kerja Tuntas, Kerja Ikhlas). Selain itu, ada juga Kiat Pribadi Simpatik (5S – Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), 5 Pantangan DT (Pantang Sia-sia, Pantang Mengeluh, Pantang Menjadi Beban, Pantang Berkhianat, Pantang Kotor Hati).

“Ada juga Rumus Kebersihan TSP (Tahan Tidak Buang Sampah Sembarangan, Simpan Sampah pada Tempatnya, Pungut Sampah InshaaAllah Sedekah), serta BebasKomiba (Berantakkan Rapihkan, Basah Keringkan, Kotor Bersihkan, Miring Luruskan, Bahaya Amankan),” tambah Ustaz Abdillah. Hal senada juga diungkapkan Ustaz Irwan. Kepala SMA Adzkia Daarut Tauhiid tersebut mengungkapkan, Kirab 1 Muharram 1441 H yang diprakarsai oleh MUI kota Tangerang Selatan bertujuan menumbuhkan rasa persatuan dan persaudaraan masyarakat kota Tangerang Selatan, khususnya umat Islam.

“Selain itu banyak sekali manfaat yang bisa diambil oleh siswa SMA Adzkia dalam mengikuti Kirab tersebut, salah satunya siswa bisa mengamalkan rumus Manajemen Qolbu dalam seni bergaul. Dalam keikutsertaannya, para santri juga belajar untuk tidak merugikan orang lain, baik secara perkataan maupun perbuatan, menjadi pribadi-pribadi yang menyenangkan dengan mempraktikkan senyum, salam, sopan, santun. Dan yang terakhir, siswa bisa saling membantu dalam kebaikan sehingga bermanfaat bagi orang lain,” pungkas Ustaz Irwan menutup wawancara. (HumAdz)

Add comment


Security code
Refresh

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415