SISWA SMA ADZKIA BELAJAR KIMIA DENGAN BUAT ES MAMBO

ADZKIA – Siapa bilang jika belajar Kimia harus selalu di Laboratorium dan menggunakan rumus yang pelik? Di SMA Adzkia Daarut Tauhiid, siswa diajarkan teori-teori Mata Pelajaran Kimia dengan menggunakan berbagai cara yang menarik, mudah dan tak membosankan.

“Hari ini kita belajar tentang Teori Sifat Koligatif Penurunan Titik Beku Natrium Clorida (NaCl) dengan praktik membuat Es Mambo. Di materi ini, siswa diharapkan dapat menganalisis perubahan suhu yang terjadi ketika es batu dicampur dengan NaCl atau garam. Laporannya juga nanti mencakup berapa lama waktu yang diperlukan agar cairan dapat membeku,” ujar Guru Mata Pelajaran Kimia SMA Adzkia, Ustazah Meliyani.

Menurut Ustazah Meli, siswa sangat bersemangat ketika diinfokan akan praktikum. Suasana belajar yang dilaksanakan di bawah pepohonan rindang, ditambah angin sepoi-sepoi juga turut mendukung antusiasme siswa saat berkecimpung dengan alat-alat praktek berupa Es Batu, Susu Cair Cokelat, Garam, Termometer, Stop Watch, Baskom, dan Corong.

Hal pertama yang siswa lakukan untuk memulai praktikum pun cukup sederhana. Pertama-tama, mereka diminta untuk menuang susu cair ke dalam plastik es. Setelah itu, siswa diinstruksikan untuk meletakkan larutan garam ke dalam wadah berisi es batu, dan kemudian meletakkan thermometer ke dalam wadah tersebut, untuk melihat apakah suhu es batu yang tadinya nol derajat celcius sudah berubah menjadi minus nol derajat celcius.

“Setelah suhu jadi minus 5 – 8 derajat celcius, barulah susu cair yang sudah dimasukkan ke dalam plastik tadi diletakkan dalam wadah es batu. Siswa pun diminta untuk dapat menghitung berapa lama perubahan larutan yang tadinya cair jadi membeku dengan menggunakan stop watch,” jelas Ustazah Meli. Hasil laporan yang diberikan siswa nanti dikatakan Ustazah Meli bisa saja berbeda. “Tergantung masing-masing kelompok, nanti hasilnya. Idealnya susu yang cair akan membeku dalam waktu 7-10 menit,” tambahnya.

Penerapan teori ini diungkapkan Ustazah Meli dalam kehidupan sehari-hari digunakan oleh penjual Es Tung-tung. Jika di dalam Laboratorium MIPA, aplikasi teori ini biasanya menggunakan larutan kimia. Namun untuk membuat siswa dapat belajar dengan gaya belajar menarik, praktikum teori Sifat Koligatif Penurunan Titik Beku Natrium Clorida (NaCl) ini dilakukan dengan menggunakan susu cair.

“Gaya belajar seperti ini, selain menarik bagi siswa juga dapat mengakomodir gaya belajar siswa yang kinestetik. Tidak semua siswa senang belajar dengan gaya visual atau audio saja. Jadi guru diharapkan lebih kreatif dalam memaksimalkan metode pembelajaran yang ada,” kata Ustazah Meli. Hal yang sama juga diungkapkan siswa kelas XII MIPA, saat menjelaskan praktikum yang mereka lakukan hari ini. Selain bersemangat, para siswa ini juga terlihat bahagia, saat membagikan Es Mambo hasil praktikum kepada Guru-guru mereka.

“Belajarnya jadi seru, apalagi langsung praktek. Kita baru tahu kalau ternyata tanpa diletakkan di Freezer Kulkas, larutan susu yang tadinya cair bisa menjadi keras seperti es. Dan itu hanya dilakukan dengan meletakkan larutan garam di atas es batu. Bisa jadi peluang usaha juga, jualan es tanpa kulkas,” tutur siswa kelas XII MIPA, Nadia Karimah sambil tertawa. (HumAdz)

Add comment


Security code
Refresh

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415