ADZKIA - Tidak semua orang suka membaca. Namun sebagai pelajar, membaca tentunya menjadi sebuah keharusan yang tak dapat dihindari.

Lantas, bagaimana caranya agar dapat membaca tanpa harus menghabiskan banyak waktu, dan tak meninggalkan esensi dari membaca, yaitu menambah ilmu pengetahuan? Di Sekolah Kader SMA Adzkia Islamic School, Ustaz Ahmad Najib mencoba berbagi cara membaca kilat dengan memaksimalkan alam bawah sadar. “Baca kilat pada dasarnya merupakan sebuah metode membaca dengan menggunakan alam bawah sadar. Ada tiga tahapan yang harus diperhatikan sebelum menerapkan teknik baca kilat,” ujar Ustaz Ahmad Najib, Guru SMA Adzkia Islamic School, Selasa (16/11).

Ustaz yang sehari-harinya mengampu mata pelajaran Ekonomi ini menuturkan, praktik membaca kilat berbeda dengan membaca biasa. Ustaz Najib pun memberikan beberapa panduan agar siswa dapat melakukan praktik baca kilat agar lebih mudah menyerap ilmu dari buku, diantaranya ;

ADZKIA - Sekolah Kader SMA Adzkia Islamic School kembali mengadakan Parade Tasmi. Usai menjalani program Belajar Dari Rumah (BDR) selama satu tahun setengah, akhirnya santri sekolah yang operasional pendidikannya dibiayai oleh Daarut Tauhiid Peduli (DTP) ini dapat kembali ke pesantren dan menjalani rutinitas khas santri seperti biasanya.

“Alhamdulillah karena seluruh siswa telah kembali ke Pesantren dan tidak ada lagi yang berada di rumah, kegiatan Parade Tasmi kali ini diikuti seluruh siswa dari kelas X hingga XII secara offline, atau langsung tatap muka dengan Penguji. Total peserta Parade Tasmi untuk periode ini sejumlah 156 siswa,” ujar Wakil Kepala Sekolah bidang Kepengasuhan SMA Adzkia, Ustaz Akmal Jumara, Selasa (26/10).

Menurut pria yang akrab disapa santri dengan panggilan Abah Akmal ini, Parade Tasmi digelar untuk menguji hafalan Al-Qur’an para santri. “Parade Tasmi ini sebenarnya kita fasilitasi bagi santri yang sudah siap ikut ujian tasmi, dengan cara membacakan hapalan tanpa melihat Mushaf, 1 juz sekali duduk,” ungkapnya.

Dituturkan Abah Akmal, setiap malamnya ada 10 santri yang terjadwal mengikuti Parade Tasmi. Kegiatan halaqah Al-Qur’an reguler yang biasanya dilakukan rutin setiap hari pun kini diganti dengan halaqah murojaah (mengulang) untuk mempersiapkan setoran hafalan di depan Penguji Tasmi. “Parade Tasmi yang dilaksanakan triwulan ini harapannya dapat memberikan semangat yang sama dalam menjaga dan meningkatkan kualitas dan kuantitas hapalan Al-Qur’an pada diri santri.”

Page 1 of 24

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415