Upacara Bendera Pagi di Hari Senin
GTK Ikhwan
GTK Akhwat
Sidang Karya Tulis
Muhadhoroh
Holaqoh Quran
Pelatihan Life Skill
Kegiatan Belajar Santri
Hari Guru
Apel Pagi Santri
Pelatihan Pramuka

BERTEMU ULAR? LAKUKAN TIGA LANGKAH INI

ADZKIA – Tak pernah ada manusia yang berharap bertemu dengan hewan melata sejenis Ular. Meski begitu, kita tentu tak dapat mengelak, jika suatu saat harus berhadapan dengan hewan vertebrata berdarah dingin ini.

Melalui kegiatan Guest Teacher yang dilaksanakan di SMA Adzkia Islamic School, Rabu (22/2) kemarin, Kak Satria praktisi dari Kerabat Dekat Reptil Tangerang Selatan berbagi tips kepada siswa mengenai langkah-langkah penanganan yang harus dilakukan jika bertemu Ular, dan telah dirangkum menjadi tiga langkah, sebagai berikut;

  1. Jangan Panik & Cari Orang yang Ahli

Hal pertama yang disarankan Kak Satria untuk dilakukan ketika bertemu Ular adalah mencari pertolongan orang yang Ahli. Kak Satria tak menghimbau siswa untuk menghadapi Ular sendiri, terlebih tanpa pengetahuan khusus terkait penanganan Ular, karena bisa atau racun dari beberapa jenis hewan melata ini dapat dikatakan sangat berbahaya.  

  1. Cari Orang yang Paling Berani

Jika tak menemukan orang yang ahli, pilihan selanjutnya adalah mencari orang yang paling berani. Kak Satria menuturkan, Ular sebenarnya bukan tak dapat ditaklukkan oleh selain ahli. “Namun dengan catatan, sebelumnya kita memiliki pengetahuan tentang cara penanganan ketika bertemu Ular,” tutur Kak Satria.

Sebelum menghadapi Ular, Kak Satria menyarankan untuk terlebih dahulu menggunakan handuk basah yang dilemparkan ke kepala ular, sebelum menimpa bagian kepalanya dengan sesuatu yang berat seperti kayu, batu, atau balok. “Terlebih dahulu, lumpuhkan dulu kepalanya dengan kain basah atau karung basah. Jika kepalanya sudah ditutup menggunakan kain basah, maka kepalanya akan menjadi berat, dan lebih gampang dilumpuhkan.”

  1. Lari

Jika ketiga hal tersebut tak dapat dilakukan, pilihan lain yang bisa dilakukan adalah lari. Sebagai praktisi, Kak Satria lebih menyarankan untuk menghindar jika memang bertemu Ular di kebun atau di alam bebas. “Kalau Ularnya ditemui di kebun, misalnya, lebih baik kita yang kabur, karena itu memang habitat dia. Kalau di rumah, tidak apa-apa kita bunuh kalau misalkan ada orang yang ahli atau berani,” ungkap Kak Satria menjelaskan.

Selain cara untuk menghadapi Ular, Kak Satria juga berbagi tips mengenai penanganan jika tergigit Ular. “Pertama, lakukan imobilisasi bagian yang tergigit dengan cara membebat bagian tersebut menggunakan papan atau kardus,” tutur Kak Satria. Penanganan ini dijelaskan Kak Satria karena masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah dalam menangani korban yang tergigit ular. “Jadi yang dilakukan dengan membebat bagian yang tergigit menggunakan papan ya, bukan dengan mengikat dengan karet atau apapun bagian yang tergigit, untuk memutus aliran darah,” tambahnya.

Hal lain yang juga penting diingat dalam penanganan korban yang tergigit Ular berbisa adalah mengusahakan agar luka bekas gigitan tak lebih tinggi posisinya dari jantung agar bisa ular tidak mencemari aliran darah menuju jantung. “Setelah dibebat, usahakan jangan banyak pergerakan, dan usahakan agar segera ke rumah sakit secepatnya untuk mendapatkan pertolongan medis,” pungkas Kak Satria. (Nawang)

 

Add comment


Security code
Refresh

  • SMP - SMA ADZKIA BUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU

    ADZKIA – SMP-SMA Adzkia Islamic School Pesantren Daarut Tauhiid Tangerang Selatan kembali membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Masih sama seperti tahun ajaran kemarin, kuota program pendidikan pesantren binaan KH Abdullah Gymnastiar ini diperuntukkan bagi siswa ikhwan (laki-laki).

    Humas Adzkia Islamic School, Nawang Fatma Putri menuturkan, kuota siswa yang diterima tahun ini adalah 48 orang. “Untuk jenjang SMP, siswa yang akan diterima adalah 24 siswa, dan untuk jenjang SMA 24 siswa. Jadi total keseluruhan siswa yang diterima di tahun ini ada 48 orang,” ujar Nawang, Rabu (1/11). Selain hanya membuka pendaftaran bagi siswa ikhwan, program pendidikan yang tersedia di tahun ini juga diungkapkan Nawang dikhususkan bagi siswa program reguler / berbayar.

    Calon peserta didik pun dituturkan Nawang dapat mendaftarkan diri dengan mudah, karena panitia PPDB menyediakan pendaftaran secara online, yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun, tanpa harus datang secara langsung ke sekolah. Meski begitu, Nawang mengungkapkan jika Pesantren Daarut Tauhiid Tangerang Selatan menyambut secara terbuka orang tua yang ingin terlebih dahulu melakukan survey sekolah, sebelum mendaftarkan buah hatinya. 

  • ALHAMDULILLAH, ADZKIA DAPAT DANA BOS KINERJA KEMAJUAN TERBAIK

    ADZKIA – Berita baik datang dari SMP – SMA Adzkia Islamic School. Bulan Agustus 2023, sekolah binaan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil Alamiin ini mendapatkan Bantuan Operasional Satuan (BOS) Kinerja.

    Berbeda dengan dana BOS reguler yang biasa diterima, bantuan operasional yang didapat kali ini merupakan buah dari kinerja SMP-SMA Adzkia Islamic School sebagai satuan pendidikan. “Alhamdulillah, di tahun ini, pertama kalinya kita mendapatkan dana bos kinerja, dengan kategori Kinerja Kemajuan Terbaik, dimana total bantuan yang diterima mencapai delapan puluh juta rupiah,” tutur Kepala SMA Adzkia, Ustaz Irwan Gunawan, Rabu (30/8).

Twitter : @SmaAdzkia

Media Sosial

  YTube: SMA Adzkia Islamic School      IG:  @smaadzkiadt         Fb: Adzkia DT 

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415