Apel Pagi Kelas X - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA Adzkia Islamic School
Sosialisasi Hari Wajib Berbahasa Inggris dan Aran oleh tim Pengembangan Bahasa
Agenda Kegiatan Senam Kesegaran Jasmani
Kegiatan Musyawarah Anggota Organisasi
Siswa Baru Akhwat Kelas X, usai Apel Pagi
Siswa Baru Ikhwan Kelas X, usai Apel Pagi
Ahlan wa Sahlan, Selamat Datang, Siswa Baru Kelas X SMA Adzkia Daarut Tauhiid
Agenda Rutin di Hari Jumat, Senam Kesegaran Jasmani
Persiapan Diklat Luar Ruang di Bandung, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
Apel Pagi Siswa Kelas X SMA Adzkia Daarut Tauhiid

KELAS INSPIRASI, SISWA ADZKIA JELAJAH KOTA BUDAYA

ADZKIA – Program kelas Inspirasi SMA Adzkia Daarut Tauhiid kembali berjalan. Jika di kegiatan sebelumnya program dilakukan di Tanah Pasundan, Bandung, kali ini Tim Manajemen SMA Adzkia memilih kawasan Yogyakarta dan sekitarnya sebagai lokasi Kelas Inspirasi.

“Sebenarnya kita ke Yogyakarta bukan hanya melaksanakan satu program. Selain Kelas Inspirasi, kita juga mengadakan program Goes to Campus. Makanya dalam trip ini kita selipkan kegiatan mengunjungi kampus yang ada di Yogyakarta,” ujar Ketua Panitia Kelas Inspirasi dan Adzkia Goes to Campus, Ustaz Gunawan Setiaji, Rabu (24/4). Program yang dicanangkan sebagai variasi pembelajaran sekolah ini kontan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari siswa SMA Adzkia.

Pasalnya, tak hanya dapat mengunjungi sejumlah tempat menarik yang menjadi lokasi pembelajaran nyata, mereka juga bisa melihat secara langsung apa yang selama ini diajarkan di kelas. “Selama empat hari tiga malam nanti, 108 siswa yang terdiri dari 50 siswa kelas X dan 58 siswa kelas XI ini akan mengunjungi kurang lebih 7 destinasi, diantaranya Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD), Museum Dirgantara, Keraton Yogyakarta, Lava Tour Lereng Gunung Merapi, Pabrik Bakpia, Malioboro, Candi Borobudur, serta beberapa tempat lain,” kata Ustaz Gunawan menjelaskan.

Program Kelas Inspirasi dan dan Goes to Campus ini dituturkan Ustaz Gunawan bukan tanpa alasan. Pria Kelahiran Pangandaran yang sehari-harinya menjadi Guru Matematika di SMA Adzkia ini mengungkapkan, harapan pihak sekolah, dengan adanya kunjungan ke Universitas dan lokasi wirausaha ternama, siswa dapat lebih termotivasi untuk melanjutkan ke Universitas favorit, maupun mendirikan wirausaha mandiri.

Selain itu, siswa juga bisa mendapatkan gambaran mengenai jurusan apa yang nanti akan mereka pilih ketika mereka lulus dari SMA Adzkia. “Ingat kata-kata Ustaz Edi Abu Marwa, kalau kita mau masuk ke kampus bagus, datangi dulu tempatnya, mampir, sholawatin, foto-foto. InshaaAllah bisa menjadi penguat harapan untuk menjadi nyata,” tuturnya sambil tertawa.

Di hari pertama ini, Senin (22/4) Siswa SMA Adzkia mengunjungi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD). Keesokan harinya, Selasa (23/4), destinasi beralih ke wisata sejarah di Keraton Yogyakarta, mengulik inspirasi wirausaha di Pabrik Bakpia, dan jelajah Malioboro. Tak ketinggalan juga wisata edukasi saat mengunjungi Lereng Gunung Merapi, dan melihat sisa-sisa peninggalan masyarakat Gunung Merapi usai Merapi meletus beberapa waktu lalu

Meski berada di perjalanan, ditegaskan Ustaz Gunawan, program wajib siswa SMA Adzkia seperti DTK (Dhuha, Tilawah, Kultum) tetap berjalan. Santri dan Santriwati Pesantren Daarut Tauhiid Serua ini juga tetap diwajibkan untuk mengikuti Briefing, Mentoring, serta mengisi beberapa Lembar Kerja yang disediakan sekolah.

“Di Lembar Kerja tersebut siswa diwajibkan menulis inspirasi apapun yang mereka dapatkan selama mengikuti program ini. Harapannya, dengan adanya kegiatan belajar menyenangkan seperti ini siswa SMA Adzkia menjadi lebih semangat lagi belajar, sehingga dapat mencetak prestasi yang gemilang di sekolah,” pungkas Ustaz Gunawan menutup percakapan. (HumAdz)

 

Add comment


Security code
Refresh

  • MAU MASUK PTN? BEGINI 5 KIAT DARI ALUMNI ADZKIA

    ADZKIA – Bisa melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi impian sebagian siswa yang lulus dari Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan. Meski banyak jalur yang dapat dipilih untuk bisa masuk ke PTN, seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SM PTN), namun lulus dari berbagai seleksi tadi tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

    Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang berminat untuk dapat masuk ke PTN, sehingga membuat persaingan pun menjadi semakin ketat. Dari data Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), November 2020 kemarin, siswa yang mengikuti SNMPTN di tahun 2020 berjumlah 489.601 orang. Sementara siswa yang diterima melalui jalur tersebut, hanya 96.4896 orang, atau 19.74 % dari jumlah pendaftar yang ada.

    Untuk jalur SBMPTN tahun 2020, siswa yang mengikuti seleksi mencapai 702.420 siswa, dan yang lulus hanya 167.653 siswa atau 23.87% dari pendaftar keseluruhan, dan untuk jalur Seleksi Mandiri, dicontohkan untuk UNS di tahun 2020, jumlah pendaftar mencapai 53.202, namun yang diterima hanya 3.261 peserta atau sekitar 6.13% pendaftar. Angka tersebut tentunya menunjukkan jika keinginan untuk dapat melanjutkan Pendidikan ke PTN tidak dapat dianggap remeh.

  • 8 SISWA ADZKIA DAPAT BEASISWA PENGHAFAL QURAN


    ADZKIA – Masa pandemic Covid-19 seakan tak menyurutkan langkah Daarut Tauhiid Peduli untuk menebar kebaikan. Melalui donasi dari PT Askrindo Syariah, Lembaga Amil Zakat binaan Yayasan Daarut Tauhiid tersebut memberikan beasiswa kepada 8 siswa SMP-SMA Adzkia Islamic School.

    Direktur Utama Daarut Tauhiid Peduli, Muhammad Baschairul Asana, atau yang akrab disapa  Rully menuturkan, beasiswa yang diperuntukkan bagi para penghafal quran ini merupakan program kedua kerjasama antara PT Askrindo Syariah, dengan Daarut Tauhiid Peduli. “Saat ini Daarut Tauhiid Peduli sedang berikhtiar melakukan transformasi Adzkia Islamic School menjadi Sekolah Kader Daarut Tauhiid. Mudah-mudahan dengan adanya beasiswa ini, Adzkia dapat lebih banyak mencetak generasi penghafal Quran,” ujar Rully, saat penyerahan secara simbolis beasiswa penghafal Quran dari PT Askrida melalui aplikasi media daring, Jumat (22/5).

Media Sosial

  YTube: SMA Adzkia Islamic School      IG:  @smaadzkiadt         Fb: Adzkia DT 

SMA ADZKIA ISLAMIC SCHOOL

JL.Sukamulya V no 1, Rt. 01/09 Serua indah - Ciputat, Kota Tangerang Selatan 15414 Telp. (021)74638050 hp/WA : 08111840415